"Musicachord.blogspot.co.id"

Fakta unik mendengarkan musik

Musik tidak pernah mati..?? mungkin itulah semboyan yang tepat dikatakan bagi penikmat 
musik diseluruh negara yang mengangap musik is "My life" musik juga bisa dikatakan sebagai kebutuhan primer Setiap orang akan selalu memutar musik sesuai dengan keadaannya. Ketika bosan akan memutar lagu semangat, ketika senang akan mendengarkan lagu bahagia, ketika ingat Negara akan memutar lagu Nasional, dan ketika jatuh cinta memutar kan lagu yang bersifat romantis yang membuat pendengarnya nyaman dalam alunan musik.
dengan mendengarkan intrumen dari musik tidak hanya dapat menghilangkan kejenuhan yang kita alami ada juga fakta menarik dengan mendengarkan musik :
   
   1. Manfaat bagi kesehatan
Otak dan tubuh kita terdiri dari berbagai syaraf yang dapat menerima getaran atau instrumen yang dihasilkan oleh bunyi, dalam sebuah riset yang dilakukan para ilmuan dicanada bidang kesehatan menemukan adanya singkronisasi hubungan kausal yang nyata antara musik dan system reward yaitu bagian inti otak yang bereaksi rangsangan yang positif bagi manusia.
   
   2. Mengatasi kejenuhan/ stress
Musik dapat menghilangkan rasa cemas dan takut. Apalagi ketika kamu akan memulai sebuah pekerjaan. Putarlah musik favoritmu dan tanpa sadar kamu akan merasakan bahwa pikiran dan tubuhmu akan lebih rileks. Para peneliti di MCGill University di Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik favoritmu akan memicu pelepasan hormon bahagia yaitu dopamine.
   
    3. Bekerja dengan optimal/ Fokus
Musik dapat membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan.
Jika kita merasa cemas atau setres, kita bisa mendorong korteks serebral diotak untuk menghasilkan gelombang frekuensi alpha yang lambat. Sementara di ujung skala lain, jika kita membantu korteks untuk menghasilkan gelombang beta cepat, kita akan lebih siap untuk berkonsentrasi dan 
memusatkan perhatian kita pada tugas yang cukup panjang.

     4. Melatih Otak/ tingkat kecerdasan
Frances Rauscher, psikolog di University of Wisconsin di Oshkosh dan rekan-rekannya menemukan bahwa mendengarkan musik Mozart dapat meningkatkan penalaran di bidang matematika dan kemampuan spesial. Bahkan, tikus yang berlari di labirin menjadi lebih cepat dan lebih akurat setelah mendengarkan Mozart.
Mendengarkan musik adalah salah satu cara untuk memperoleh manfaat bagi otak. Tetapi aktifitas yang lebih merangsang otak dan bahkan meningkatkan IQ adalah bermain atau menulis musik. Anak-anak berusia enam tahun yang diberi pelajaran musik ketika dibandingkan dengan pelajaran drama atau tanpa instruksi mendapat tambahan 2-3 poin dalam skor IQnya.

      5. Pengembangan diri
Musik ternyata dapat memberikan motivasi yang akan mempengaruhi pengembangan diri. Hati-hati, karena musik yang kamu dengar akan menentukan kualitas pribadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang yang punya masalah perasaan, biasanya cenderung mendengarkan musik yang sesuai dengan perasaannya. Dengan mengubah jenis musik yang didengarkan menjadi musik yang memotivasi, dalam beberapa hari masalah perasaan bisa hilang dengan sendirinya atau berkurang sangat banyak. Dan musik juga dapat merubah kepribadian yang kamu inginkan dengan cara mendengarkan jenis musik yang tepat.

Dengarkan musik yang tepat dan cocok dengan selera dan gaya, untuk meningkatkan kreatifitas anda dan membantu kesehatan. itulah beberapa paparan diatas mengenai Fakta-fakta unik dengan hanya mendengarkan musik.

0 Response to "Fakta unik mendengarkan musik"

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, berikanlah saran yang positif.