"Musicachord.blogspot.co.id"

Profil Singkat dan Sejarah Band The Beatles


The Beatles, Grup Musik Populer beraliran Rock yang berasal dari Inggris ini merupakan salah satu grup Band era 90an yang sangat berpengaruh dengan perkembangan musik di era musik Modern. The beatles yang beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, George Harrison, dan Ringo Starr, merupakan salah satu dari dua legendaris musik terbesar yang mampu menjual lebih dari 1 miliar copy album mereka, selain the Beatles ada nama Elvis Presley dengan torehan angka yang sama dengan The Beatles.
Sejarah Grup Band Beatles dimulai tahun 1957, tepatnya pada bulan maret,John Lennon muda yang masih berumur 16 tahun bersama teman sekolahnya yang berasal dari Liverpool membentuk Grup musik yang bernama The Quarrymen. 3 Bulan setelahnya Lennon bertemu dengan Paul McCartney, saat itu McCartney masih berusia lima belas tahun dan mengajaknya untuk bergabung di Grup musiknya. Setalah itu sang gitaris Garris Harrison ikut bergabung dengan Grup musik John Lennon dengan peran sebagai Gitaris utama. Beberapa tahun kemudian, teman teman sekolah John Lennon mengambil langkah untuk keluar dari Grup musik The Quarrymen untuk masuk ke Liverpool College of Art. Setalah itu, tepatnya bulan Januari, teman sekelas John Lennon bergabung mengisi posisi Bassis dan juga menyarankan untuk mengganti nama The Quarrymen menjadi The Beetles, sebagai wujud kekaguman mereka terhadap Buddy Holly dan The Crickets, hingga akhirnya pada bulan Agustus mereka memutuskan memilih nama The Beatles, setelah sempat berganti ganti nama seperti Johnny and the Moondogs, Long John and The Beetles dan The Silver Beatles. 
Pada Mulanya, John Lennon, Paul McCartney, dan Garris Harrison belum memiliki seorang yang mengisi posisi Drummer, hingga suatu saat sebelum mengadakan konser di Jerman, Manajer tidak tetap mereka Allan Williams membuka ajang seleksi untuk mendapatkan Drummer Tetap, dari ajang itu, bergabunglah seorang Pete Best yang mengisi posisi Drummer. 4 hari setelah itu The Beatles langsung berangkat ke Hamburg untuk mengadakan bermain musik di pertunjukan yang bernama Bruno Koschmider selama 48 malam, pertunjukkan Beatles laris di Hamburg dimana mereka bermain musik berjam-jam dan mengakibatkan jalanan macet karena dipenuhi orang yang keluar masuk menonton pertunjukkan mereka.
Pada tahun 1962 Grup musik The Beatles ini mendapat pengarahan dari George Martin di Studio Abbey Road EMI, pada saat itu Martin kurang menyukai cara bermain Best dan menyarankan agar mengganti posisinya dengan Ringo Starr yang pada saat itu baru keluar dari Rory Storm and the Hurricanse. Hingga akhirnya Formasi Final The Beatles adalah John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). Setelah rekaman single mereka yang berjudul Love Me Do dan P.S I Love You, pada Bulan Oktober, Lagu Love Me Do berhasil masuk tangga lagu 20 besar di Inggris, dan setelah rekaman untuk single kedua yang berjudul Please Please Me pada Bulan November, untuk pertama kalinya The Beatles muncul di acara TV (People and Place).


Personil Grup Band The Beatles Tahun 1964


  1. John Lennon. Yang Bernama Lengkap John Winston Lennon, ia lahir di Liverpool, Inggris, 9 Oktober 1940 dan wafat di New York City, Amerika Serikat, 8 Desember 1980 pada umur 40 tahun. Ia paling dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, instrumentalis, penulis, dan aktivis politik yang terkenal di seluruh dunia sebagai pemimpin dari The Beatles. Lennon dan Paul McCartney membentuk partnership pencipta lagu yang paling sukses dan berhasil hingga saat ini. Lennon dengan sinismenya dan mcCartney dengan optimismenya melengkapi satu sama lain dengan sangat baik.
  2. Paul MCcartney. Dilahirkan di Rumah Sakit Umum Liverpool, kota Liverpool, Inggris, pada 18 Juni1942 dengan nama lengkap James Paul McCartney. Ibunya adalah seorang perawat di rumah sakit tempat Paul dilahirkan itu, dan ayahnya seorang pedagang kapas sekaligus pianis dibandnya, Jim Macs Jazz Band. Paul memiliki seorang adik, Michael, yang sekarang adalahseorang fotografer merangkap musisi.Semasa bersekolah, Paul adalah siswa yang tergolong pandai. Hal ini terlihat dari fakta bahwa ia adalah satu dari empat siswa di Liverpool yang bisa lulus ujian akhir sekolah dasar.Paul akhirnya berhasil masuk ke Liverpool Institute for Boys danbelajar selama 7 tahun (1953-1960) disana. Paul mendapat nilai A untuk pelajaran Bahasa Inggris dan Seni. Di Liverpool Institute, Paul bertemu dengan George Harrison yang merupakan adik kelasnya.Jim McCartney ingin sekali kedua anaknya bisa bermain musik seperti dirinya. Untuk itu, ia memberikan Michael piano dan menghadiahi Paul sebuah terompet. Paul tidak bertahan lama dengan terompetnya, dan langsung menjualnya untuk membeli gitar. Dengan gitar dengan itu,Paul mulai menulis lagu-lagu pertamanya adalah I Lost My Little Girl. Tak lama kemudian,Paul belajar memainkan piano dan menciptakan lagunya yang kedua, When Im Sixty-Four.
  3. George Harisson. Lahir di Wavertree, Liverpool, Inggris, 25 Februari 1943 – meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat, 29 November 2001 pada umur 58 tahun) adalah musisi, penyanyi, penulis lagu dan produser film Britania Raya. Ia paling dikenal sebagai gitaris grup musik The Beatles.
    Dikenal sebagai Beatle yang Pendiam (Quiet Beatle), George Harrison merupakan seorang penulis lagu yang dibayang-bayangi oleh dua orang musisi besar yang seringkali membuat orang tidak banyak yang memandang bakatnya di dunia musik. Lagu-lagu yang ditulis dan diciptakan oleh George Harrison seperti "Something" dan "While My Guitar Gently Weeps" dianggap sebagai beberapa dari adikarya The Beatles. Album solo perdana George Harrison yang berjudul All Things Must Pass memperlihatkan kemampuannya yang baik dalam mengeksplorasi tema-tema spiritual dengan komposisi melodi yang bervariasi. Harrison memperkenalkan The Beatles dan generasi yang besar pada tahun 1960-an kepada spiritualisme timur.
  4. Ringo Starr. Richard Starkey lahir di Liverpool, Merseyside, England, Inggris, 7 Juli 1940. Pria yang juga dikenal dengan nama panggung Ringo Starr itu, terkenal sebagai musisi, penyanyi dan aktor. Selain dikenal sebagai drummer group musik legendaris The Beatles. Sebelum bergabung sebagai drummer The Beatles, Ringo sempat bergabung denganLiverpool band, Rory Storm dan the Hurricanes. Ringo baru bergabung dengan band yang berdiri tahun 1960 itu bulan Agustus 1962, menggantikan posisi Pete Best. Sejak bergabung dengan band legendaris tersebut, nama Ringo pun menjadi sangat terkenal hingga sekarang.
The Beatles adalah Grup Band yang paling banyak dikagumi dari dulu sampai sekarang, bahkan karya-karya mereka sering diperdengarkan. Grup band the beatles ini juga menjadi inspirasi bagi musisi-musisi dunia sekarang yang telah banyak mempengaruhi perkembangan musik.

0 Response to "Profil Singkat dan Sejarah Band The Beatles "

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, berikanlah saran yang positif.